Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 03 Januari 2012

MODEM INTERNAL DAN EKSTERNAL

   
                                 
        Modem Internal 56kbps PCI slot modem.                                                        Modem eksternal 28.8kbps serial-port  modem.

Perbedaan modem external dan modem internal

dari namanya, perangkat modem eksternal berada diluar CPU. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Modem jenis ini biasanya menggunakan sumber tegangan terpisah berupa adaptor. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di komputer lain. Disamping itu dengan menggunakan modem eksternal, tidak perlu ada slot ekspansi yang dikorbankan sehingga bisa dipakai untuk keperluan lain, terutama apabila mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Modem eksternal juga dilengkapi dengan lampu indikator yang memudahkan kita untuk memonitor status modem. Kerugiannya, harganya lebih mahal dibandingkan dengan modem internal. Modem eksternal juga membutuhkan tempat tersendiri untuk menaruhnya meskipun kecil.

Berbeda dengan modem eksternal, modem internal terpasang langsung didalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. Penggunaan modem jenis ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain adalah lebih hemat tempat dan dari segi harga lebih ekonomis dibandingkan dengan modem eksternal. Karena telah terpasang di dalam CPU, maka modem jenis ini tidak membutuhkan adaptor seperti halnya modem eksternal sehingga sistem terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel berseliweran yang bisa memberi kesan kurang rapi. Namun demikian, modem internal memiliki kelemahan berupa tidak adanya indikator sebagaimana yang bisa ditemui pada modem eksternal. Akibatnya agak sulit untuk memantau status modem (walaupun bisa dilakukan lewat software). Selain itu, modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri hingga harus dicatu dari power supply pada CPU. Panas dari komponen-komponen dalam rangkaian modem internal juga akan menambah suhu dalam kotak CPU.

Kelebihan kekurangan modem internal dan modem eksternal

Kata modem berasal dari singkatan MOdulator  dan DEModulator yang jika digabungkan akan membentuk kata MODEM . Modulator sendiri merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinya pembawa (carrier) yang siap untuk dikirimkan. Sedangkan demolator adal bagian yang memisahkan  sinyal informasi yang berisi pesan dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Dengan demikian modem merupakan penggabungan antara keduanya yang berarti modem adalah alat komunikasi dua arah. Sebenarnya setiap alat komunikasi jarak jauh dua arah biasanya menggunakan modem sebagai perangkatnya contohnya VSAT,microwave radio dan masih banyak lagi. Namun yang orang banyak ketahui modem adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat komunikasi pada computer.

Data dari computer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat bisa dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Pada saat tiba di modem tujuan, sinyal analog tadi diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada computer . secara fisiknya modem terbagi dua jenis yaitu modem ekternal dan modem internal. Modem eksternal adalah modem yang berada di luar CPU , sedangkan modem internal adalah modem yang terpasang langsung didalam CPU. Kedua jenis modem ini masingmasing memiliki keuntungan dan kerugian.

Kelebihan mengunakan modem eksternal portabilitasnya cukup baik sehingga mudah dipindah-pindahkan untuk digunakan dikomputer lain. Selain itu modem eksternal juga tidak memerlukan adanya slot ekspansi yang harus dikorbankan sehingga dapat digunakan untuk keperluan lain apalagi jika mainboard yang digunakan hanya menyediakan sedikit slot ekspansi. Namun modem eksternal juga memiliki kekurangan yaitu, harga modem eksternal dipasaran lebih mahal jika dibanding dengan moden internal sehingga memerlukan biaya yang lebih besar.selain itu modem eksternal juga memerlukan tempat sendiri untuk menaruhnya walaupun kecil namun hal ini akan cukup mengangu jika ruang yang tersedia sempit.

Berbeda dengan modem eksternal modem internal memiliki kelebihan lebih murah dibanding modem eksternal hal ini membuat kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Modeminternal juga lebih hemat tempat karena terpasang langsung pada CPU computer. Selain itu modem internal juga tidak membutuhkan adaptor seperti modem eksternal sehinga terkesan lebih ringkas dan praktis. Namun walaupun begitu modem internal juga memiliki kekurangan yaitu pada modem internal tidak terdapat indicator sebagaimana yang biasa kita jumpai pada modem eksternal sehingga akan sangat sulit mengetahui keadaan modem. Dan juga modem internal tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga harus dicatu dari power supply pada CPU hal ini membuat daya yang di gunakan pada CPU harus lebih banyak sehingga tidak hemat listrik.

2 komentar:

Andi Setiawan mengatakan...

Hoaii, ndak jelas bangett !!!

Rivaldo J mengatakan...

harusnya kelebihan kekurangannya pake tanda( - )atau yang lainnya jadi ga pusing

Poskan Komentar